slot online

Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar Puteri Anetta Komarudin menyorot larangan import baju sisa atau thrifting. Puteri menyebutkan usaha baju sisa di Indonesia sekarang telah tumbuh subur.

“Saya anggap ketentuannya jelas sudah. Yang maksudnya ialah membuat perlindungan kelangsungan dan daya saing produk UMKM lokal sampai untuk argumen kesehatan. Tetapi, walau dilarang, kenyataannya baju sisa import ini saat ini masih tumbuh subur,” kata Puteri ke reporter, Jumat (17/3/2023).

Puteri minta faksi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) perkuat pemantauan. Dia menyorot beberapa titik riskan penyelinapan baju sisa, seperti dermaga tikus sampai tepian.

kalian tidak perlu beli pakaian bekas lagi jangan seperti orang susah kami memberikan jalan untuk anda dalam mendapatkan uang yang banyak cukup bermain di ALADDIN138 kalian bisa mendapatkan cuan yang sangat banyak dalam mendapatkan uang jadi tunggu apa lagi join bersama kami dan rasakan cuang yang sangat besar yang akan kalian dapatkan.

“Karena itu, kami minta Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) untuk makin intens lakukan pemantauan dan pengusutan. Khususnya pada beberapa titik yang riskan penyelinapan dan susah diketahui petugas, seperti dermaga tikus sampai tempat tepian,” papar Puteri.

Menurut dia, DJBC harus juga aktif merajut kolaborasi dengan aparatur penegak hukum, seperti Polri, Bakamla, sampai TNI AL. Ini dilaksanakan untuk memberantas import baju sisa ke Indonesia.

“Bertepatan dengan ini, pemerintahan perlu makin perkuat kemampuan UMKM lokal agar makin bereksperimen ikuti trend pasar, sekalian agar dapat berkompetisi lewat produk global,” papar Puteri.

“Karena itu, kita perlu terus perkokoh UMKM kita dari sisi validitas, pendanaan, sampai kemampuan digital,” tambahnya.

Awalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akui marah atas praktek usaha baju import sisa. Jokowi menatap usaha itu mengusik industri tekstil dalam negeri.

“Telah saya perintahkan untuk mencari benar. Satu hari, 2 hari, telah banyak yang bertemu. Itu mengusik industri tekstil dalam negeri. Benar-benar mengusik industri tekstil dalam negeri,” kata Jokowi di Istana olahraga Senayan, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Jokowi lalu menghimbau warga menghentikan aktivitas import baju sisa. Jokowi akui sudah memerintah aparatur penegak hukum atau faksi berkaitan untuk memberantas praktek itu.

“Jadi yang bernama import baju sisa, stop. Mengusik, benar-benar mengusik industri dalam negeri kita,” tegas ia.

Sudah diketahui, pemerintahan sudah larang importasi pakaian sisa. Larangannya tercantum pada Ketentuan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2021, seperti sudah diganti Ketentuan Menteri Perdagangan Nomor 40 Tahun 2022 mengenai Peralihan atas Ketentuan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2021 mengenai Barang Dilarang Export dan Barang Dilarang Import.

Presiden Jokowi minta untuk stop import baju sisa. Menurut dia, aktivitas import ini mengusik industri tekstil dalam negeri.

Awalnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjelaskan akan menyapa e-commerce yang menampung pemasaran pakaian import sisa. Mendag Zulkifli Hasan seiya sekata masalah larangan import pakaian sisa.

Thrifting sebagai keperluan berdasar ciutan atau kotak kometar yang berada di sosial media. Pertama, sama juga kok menolong UMKM, di mana penjual pun tidak semua menengah ke atas, malah banyak yang beberapa anak muda dengan keahliannya tangkap kesempatan untuk jualan di sosial media atau marketplace tanpa modal yang lebih besar.

Ke-2 , sebagai opsi buat orang yang ingin barang/produk branded tapi tidak sanggup beli yang baru. Ke-3 , thrifting geser omzet, tapi opsi orang –tidak semuanya orang siap membeli sisa/second.

Karena itu, saat larangan itu cuma berbentuk peringatan, tetap berada di marketplace atau sosial media yang sediakan feature shop, dalam pengertian saat tutup bermakna tutup kesempatan usaha UMKM yang jalankan usaha bisnis pakaian sisa. Maka dari itu, jika akan ditutup perlu publikasi dan penutupan berlaku kapan mulai dengan ketentuan yang terang dan kuat memiliki kekuatan hukum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *